Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Media Pohon Literasi pada Anak Usia Dini di PAUD Mekarwangi

Penulis

  • Yulianti Pertiwi Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Choiriyah Choiriyah Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

Kata Kunci:

Mengenal Huruf, Pohon Literasi, Anak Usia Dini

Abstrak

Kemampuan berbahasa dalam mengenal huruf merupakan kemampuan awal yang harus dimiliki anak usia dini sebagai dasar dalam berbahasa. Hal ini sangat penting, sebab dengan mengenal huruf anak selangkah lagi akan mampu membaca dan memiliki kemampuan literasi yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini di PAUD Mekarwangi PGRI dengan menggunakan pohon literasi sebagai media pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran berupa pohon literasi dilakukan sebagai upaya memperbaiki proses pembelajaran yang selama ini kurang mampu meningkatkan potensi anak. Subjek penelitian ini adalah peserta didik PAUD Mekarwangi PGRI yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Tagarat dan dilakukan dalam 2 Siklus. Dalam setiap siklus dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dan dilakukan proses perbaikan. Dari hasil observasi  selama proses penelitian diperoleh data peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf yang sangat baik. Pada Siklus I Presentase Keberhasilan (anak yang memperoleh berkembang sesuai harapan + berkembang sangat baik) sebanyak 10 orang peserta didik (50%) dari sebelumnya yang hanya 10 % (2 orang anak). Persentase tersebut meningkat lagi setelah dilakukan perbaikan pada siklus II menjadi 80 % (16 anak). Dengan demikian penelitian Tindakan kelas yang dilakukan peneliti dalam 2 siklus telah memperoleh hasil yang baik dan mampu memperbaiki proses pembelajaran dan kemampuan peserta didik. ‘ dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pohon literasi mampu menstimulasi meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini di PAUD Mekarwangi PGRI.

Referensi

Abdul Syukur, Yulianti Tabita Fallo, Peningkatan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam, Vol. 6, No. 1, 2019.

Angga Saputra, Lalu Suryandi, Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky dan Implikasinya Dalam Pembelajaran, Vol. 3, No. 2, 2016. Arif S. Sadiman, dkk, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, (Jakarta: PT Grafindo Persada, 2014).

Aziz Thorik, Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, (Jawa Timur: Duta Media Publishing, 2019).

HM. Musfiqon, Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran, (Jakarta: PT Prestasi Pusat Karya, 2012).

Isran Rasyid Karo-karo S, Rohani Str, Manfaat Media Dalam Pembelajaran, Vol. VII, No. 1, 2018.

Jurniati, Meningkatkan Kemapuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Abjad Pada Anak Kelompok B di Tk Tunas Baru Tombang Kecamatan Walenreng Kabupaten Luwu,(skripsi, IAIN palopo, sulawesi selatan, 2020).

Muhammad Afandi, Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Seting Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar Dan Umum, (Bandung: Alfabeta, 2011).

Muhiyatul Huliyah, Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1, No, 1, 2016. Muhtar Latif, dkk, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi, (Jakarta: Kencana, 2013).

Mustofa Abi Hamid, dkk, Media Pembelajaran, (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020).

Nana Candra Nelawati, Karsono, Warananingtyas Palupi, Penerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad, Vol. 7, No. 4, 2019.

Nesi Ratna Sani, Fitriyah Hayati, Harfiyandi, Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok A Di TK Bungong Seleupok Banda Aceh, Vol. 2, No. 1, 2021.

Nurhayati Arief, Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Media Gambar Siswa RA Tunas Melati Kec. Kelara Kab. Jeneponto, (Skripsi, UIN Alauddin Makasar, Makasar, 2014).

Nurul Hopipah, Penggunaan Media Pohon Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di RA Darussalam Gonjak Tahun Pelajaran 2021/2022 (Skripsi, Universitas Islam Negeri Mataram,Mataram 2022)

Ratna Sari Dewi Ade Chandra, Pengembangan Media Visual Kartu Angka Evektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal A, I, U, E, O Pada Anak 3-4 Tahun PAUD Labschool Jember, 2017.

Rifkafil Ardila, Anizar Ahmad, Taat Kurnita, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf Pada Anak Usia Dini Di TK Bungong Seleupoek, 2020.

Rizki Rachma Daniar, Baiq Vina Handayani, Pengembangan Keaksaraan Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Buku Cerita Budaya Lokal, (Modul, 2017).

Rudy Sumirhasono, Hisbiyatul Hasanah, Media Pembelajaran, (Jember: CV Pustaka Abadi, 2017).

Rustiyarso, Tri Wijaya, Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas, (Yogyakarta: Huta Purhapuran, 2020).

Sifauzakia, Bambang Ariyanto, Yeni Aslina, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini,(Batu: Literasi Nusantara, 2021).

Siti Hadidan Rena, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Kegiatan Permainan Kancing Huruf Kelompok B Tk Islam Uminda Kota Makasar, (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, 2019).

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supriadi, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).

Sungkono, Penilaian Dan Penggunaan Media Dalam Proses Pembelajaran, Vol. 4, No. 1, 2018.

Susanto Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana, 2011).

Wilan Dian Murwani, Meningkatkan Kemampuana Mengenal Huruf Melalui Permainan Memancing Pada Anak Kelompok A TK Permata Pelangi Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, (Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri, 2018).

Yuliani Nurani Sujono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta:PT Indeks, 2013).

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-01