Peran Pendidikan Karakter Ditinjau Pada Upaya Self Confidence Kelompok A di TK Al-Hamid

Penulis

  • Vina Rahayu Program Studi Pendidikan Guru pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Chandra Apriyansyah Program Studi Pendidikan Guru pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Lily Yuntina Program Studi Pendidikan Guru pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

Kata Kunci:

Peran Pendidikan Karakter, Self Confidence, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan karakter dalam meningkatkan rasa percaya diri pada Kelompok A di TK Al-Hamid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan peran Pendidikan karakter pada kepercayaan diri anak dalam pembelajaran di Tk Al-Hamid diterapkan melalui beberapa pembiasaan yaitu pertama, membaca iqra rutin setiap pagi, menjadikan anak agar berahklak mulia, kedua, bercerita mengenai keberagaman karakter sehingga dapat menstimulusi anak untuk bertanya dan menjawab pertanyaan, ketiga, pemberian metode bermain permain yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, keempat, memberikan anak kesempatan anak untuk mencoba kesempatan hal baru, kelima, guru mengenali kepribadian dan karakter anak sehingga tepat dalam memberi cara peran Pendidikan karakter. Penelitian ini memberikan arti penting untuk pengembangan “Peran Pendidikan Karakter Ditinjau Pada Upaya Self Confidence Kelompok A di Tk Al-Hamid”.

Referensi

Aslindah, A. (2022). Strategi Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Hemat pada Anak Sejak Usia Dini. In Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 3, Issue 2, pp. 19–30). Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.118

Garzia, M. (2018). Urgensi pendidikan karakter abad 21 pada anak usia dini. Urgensi Pendidikan Karakter Abad 21 Pada Anak Usia Dini, 357–361.

Hidayat, N., Tanod, M. J., & Prayogi, F. (2022). Manajemen Pengembangan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. In Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 6, Issue 5, pp. 4910–4918). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2688

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan Model Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. In JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini (Vol. 12, Issue 2, pp. 361–370). Universitas Negeri Jakarta. https://doi.org/10.21009/jpud.122.17

Laely, K., Madyawati, L., Margana, M., & Suparno, S. (2022). Dinamika Karakteristik Pronunciation Difficulties pada Anak Usia Dini. In Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 6, Issue 5, pp. 4441–4448). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1777

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. In Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 4, Issue 1, p. 20). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Pusvita, W. D. (2017). Character Education Values In’ayah’novel By Andrea Hirata (Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel’ayah’karya Andrea Hirata). LEKSEMA: Jurnal Bahasa Dan Sastra. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/leksema/article/view/652

Rerung, A. E., & Tika, N. (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Raputallang. In Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (Vol. 3, Issue 2, pp. 1–9). Institut Agama Kristen Negeri Manado. https://doi.org/10.51667/mjpkaud.v3i2.1044

Riyanti, R. F. (2021). Strategi Guru Menanamkan Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas Ii Saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Sd …. eprints.iain-surakarta.ac.id. http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1051/1/Skripsi_Rahayu Febri Riyanti_173141086_PGMI IAIN SURAKARTA.pdf

Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. In Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 6, Issue 4, pp. 2929–2935). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945

Watini, S. (2020). Implementation of Asyik Play Model In Enhancing Character Value of Early Childhood. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042055

Widaningsih, R., & Herrnawam, A. H. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK. Pendas: Jurnal Ilmiah …. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8390

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-01