Peningkatan Kecerdasan Emosional melalui Penerapan Disiplin Positif pada Anak Usia Dini di TK Al-Hamid
Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Disiplin Positif, Anak Usia DiniAbstrak
Kebiasaan dan pengaruh lingkungan sangat mempengaruhi kecerdasan emosional anak, dikarenakan pada dasarnya anak usia dini belum dapat memahami baik buruknya atas perilakunya oleh karena itu guru dan orangtua harus memberikan pembinaan pendidikan karakter disiplin dengan baik dan tepat, baik dari segi cara metode maupun strateginya. Hal ini yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas di TK Al Hamid dengan tujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak melalui penerapan disiplin positif. Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan Kemmis dan Tagaart digunakan dalam penelitian ini, yang dilakukan dalam 2 Siklus dengan 4 kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian dideskripsikan dalam setiap siklusnya, dan penarikan kesimpulan dilakukan dengan cara berfikit induktif. Setelah dilakukan kegiatan perbaikan yang dilanjutkan dengan melakukan analisis data dapat diketahui adanya peningkatan aktifitas proses pembelajaran menjadi lebih baik baik dan teratur, serta terjadinya peningkatan kecerdasan emosional anak melalui penerapan disiplin positif. Setelah dilakukan analisis data dapat diketahui adanya peningkatan kecerdasan emosional peserta didik dalam setiap tindakan yang dilakukan. Pada observasi sebelum perbaikan diperoleh data Presentase Keberhasilan yaitu anak yang memperoleh nlai dengan kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik sebanyak 2 orang anak atau 14,28% dari 14 orang peserta didik, dan meningkat pada perbaikan Penelitian Tindakan Kelas Siklus 1 menjadi 6 orang peserta didik atau 42,57%, dan pada akhir Penelitian Tindakan Kelas Siklus 2 meningkat lagi menjadi 12 peserta didik (85,71%). Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan disiplin positif terhadap anak usia dini di TK Al Hamid dapat meningkatkan kecerdasan emosional.
Referensi
Aji, I. P., & Tamba, K. P. (2020). PENERAPAN DISIPLIN POSITIF DALAM PEMBELAJARAN DITINJAU MELALUI PERSPEKTIF KRISTEN [POSITIVE DISCIPLINE IN LEARNING REVIEWED THROUGH A CHRISTIAN PERSPECTIVE]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2101
Ayub, D. (2022). Karakter Disiplin Anak Usia Dini: Analisis Berdasarkan Kontribusi Pola Asuh Orang Tua. In Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 6, Issue 6, pp. 7293–7301). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3565
Gontina, R., Komariyah, K., & Hasanah, U. H. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Anak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.4946
Gunartati, G., & Kurniawan, D. (2021). IMPLEMENTASI DISIPLIN POSITIF ANAK USIA DINI OLEH PENDIDIK KB BINTANG MULIA KREKAH GILANGHARJO PANDAK BANTUL. Jendela PLS. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3060
Hazizah, N. (2018). DAMPAK PERAN AYAH TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. osf.io. https://osf.io/preprints/inarxiv/vx6n9/
Herawati, N. I. (2018). PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS DEVELOPMENTALLY APPROPIATE PRACTICE UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL. In Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 4, Issue 1). Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). https://doi.org/10.17509/cd.v4i1.10374
Ismaiyah, N. (2022). Pengembangan Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Peran di Masa Pandemi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i1.5543
Jatmikowati, T. E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. In Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 4, Issue 2, p. 1). Universitas Muhammadiyah Surabaya. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1936
Krisdianti, B., & Yoedo, Y. C. (2021). PENERAPAN DISIPLIN POSITIF OLEH GURU DENGAN INTEGRASI IMAN KRISTEN PADA KELAS I-A DI SEKOLAH DASAR X SURABAYA. Aletheia Christian Educators Journal. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.1-23
Mubarak, A. F., Noor, W. N., Widat, F., Wafiroh, K., & Hayati, N. (2022). Upaya Guru dalam Membangun Kecerdasan Intrapersonal pada Anak Usia Dini. In Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 6, Issue 4, pp. 3782–3792). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2124
Nissa, I. (2018). Analisis Perkembangan Emosional Anak Berkebutuhn Khusus Hiperaktif Dan Gangguan Konsentrasi Di Tk Aisyiyah 33 Surabaya. In Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 4, Issue 1, p. 14). Universitas Muhammadiyah Surabaya. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3601
SRI PRASETYO, A. (2023). INTERNALISASI NILAI DI ZI GUI – PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI DISIPLIN POSITIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP). https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.148
Sulvinajayanti, S., Saleh, A. A., & Hamang, M. N. (2021). Pengasuhan Disiplin Positif Islami Sebagai Upaya Penurunan Kekerasan Terhadap Anak di Kabupaten Sidrap. JURNAL PENELITIAN. https://doi.org/10.21043/jp.v15i1.10241
Utari, N. K. S. E. (2023). PENERAPAN DISIPLIN POSITIF MELALUI KESEPAKATAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA TUNAGRAHITA. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2101
Windarsih, C. A., Sumitra, A., & ... (2020). Penerapan Program Holistik Integratif Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah P2M ….
Zauhrita, S. (2018). Analisis Kecerdasan Intrapersonal Anak Disabilitas Di Tk Aisyiyah 33 Surabaya. In Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 4, Issue 1, p. 36). Universitas Muhammadiyah Surabaya. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3603