UPAYA MEMBANGUN KARAKTER SPORTIFITAS MELALUI PENGGUNAAN METODE PERMAINAN CONGKLAK UNTUK ANAK USIA DINI DI TK AL HAMID KELOMPOK B
Abstrak
Sportifitas merupakan prilaku yang sangat baik dan menjadi salah satu prilaku yang harus diterapkan sejak dini, penerapan prilaku sportif dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah dengan menggunakan permainan tradisional, hal ini dikarenakan dunia anak adalah dunia bermain, hal inilah yang mendorong penulis melakukan Penelitian Tindakan kelas dalam Upaya meningkatkan prilaku sportifitas anak melalui penggunaan permainan tradisional congklak di TK Al Hamid. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Tagart dan dilakukan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklusnya dilakukan 3 kali pertemuan. Dari hasil observasi selama proses penelitian diperoleh data peningkatan prilaku sportif anak sangat baik dalam setiap siklus perbaikan jika dibandingkan dengan kondisi sebelum dilakukan penelitian. Pada observasi sebelum perbaikan diperoleh data Presentase Keberhasilan (anak yang memperoleh berkembang sesuai harapan + berkembang sangat baik) sebanyak 4 orang anak (28,56%) dari 14 orang peserta didik. Presentase tersebut meningkat pada perbaikan siklus 1 menjadi 6 orang peserta didik (42,57%), dan pada akhir siklus 2 meningkat lagi menjadi 11 peserta didik (78,57%). Dengan demikian penelitian Tindakan kelas yang dilakukan peneliti dalam 2 siklus telah memperoleh hasil yang baik dan mampu memperbaiki proses pembelajaran dan kemampuan peserta didik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permaianan congklak mampu menstimulasi meningkatkan prilaku sportif pada anak usia dini di TK Al Hamid.
Kata kunci : Prilaku Sportif, Permainan Congklak
EFFORTS TO BUILD SPORTSMANSHIP THROUGH THE USE OF CONGKLAK PLAY METHOD FOR EARLY CHILDHOOD AT AL HAMID KINDERGARTEN
Abstract
Sportsmanship is a very good behavior and is one of the behaviors that must be applied from an early age, the application of sportsmanship behavior can be done in various ways including using traditional games, this is because the children's world is a world of play, this is what This type of research is classroom action research which is carried out through 2 cycles, namely including planning, implementation, observation, and reflection. prompted the author to conduct Classroom Action Research in an effort to improve children's sportsmanship behavior through the use of traditional congklak games in Al Hamid Kindergarten. The PTK model used in this study is PTK developed by Kemmis and Mc Tagart and carried out in 2 cycles. In each cycle, 3 meetings are held. From the results of observations during the research process, data on the improvement of children's sportsmanship behavior was obtained very well in each improvement cycle when compared to the condition before the research was carried out. In the observation before the improvement, data on the Success Percentage (children who obtained developed according to expectations + developed very well) were obtained as many as 4 children (28.56%) out of 14 students. The percentage increased in the improvement of cycle 1 to 6 students (42.57%), and at the end of cycle 2 it increased again to 11 students (78.57%). Thus, the classroom action research carried out by the researcher in 2 cycles has obtained good results and is able to improve the learning process and students' abilities. From the results of the study, it can be concluded that the use of congklak games is able to stimulate increasing sportsmanship behavior in early childhood in Al Hamid Kindergarten.
Keywords : Sportsmanlike behavior, Congklak Games, early childhood.