Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Lego Pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Tunas Karya 1 Sukanagara-Cianjur

Penulis

  • Sri Rahayu Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Chandra Apriyansyah Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Lily Yuntina Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

Kata Kunci:

Motorik, halus, anak usia dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat Permainan Edukatif  Lego  terhadap keterampilan motorik halus pada anak kelompok B di  TK Tunas Karya 1 Sukanagara-Cianjur. Keterampilan motorik halus yang diobservasi ialah ketepatan, kerapian, dan kelenturan jari. Penelitian ini merupakan penelitian  eksperimen yang menggunakan desain One- Group dan dilakukan observasi sebanyak 2 kali yaitu sebelum diberi treatment dan sesudah diberi treatment. Observasi yang dilakukan sebelum treatment disebut Pra Observasi, dan observasi sesudah treatment disebut post Observasi. Subjek penelitian adalah 7 anak, yang terdiri dari 2 anak laki-aki dan 5 anak perempuan. Objek penelitian ini berupa penggunaan alat permainan edukatif Lego terhadap keterampilan motorik halus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.

Referensi

Budiningsih, ALsri, Belaljalr daln Pembelaljalraln, Jalkalrtal : PT. Rinekal Ciptal,

Cetalkaln I, 2005 87

Balhalruddin, H , daln Nur, Esal Walhyuni, Teori Belaljalr & Pembelaljalraln,

Jogjalkalrtal : ALr-Ruzz medial, Cet.I, 2007

Hurlock, Elizalbeth B, Perkembalngaln ALnalk, Jalkalrtal : Erlalnggal, Edisi 6, 1993 https://ejournall.undikshal.alc.id/index.php/JJPALUD/alrticle/, dialkses talnggall 20 Meret 2018

Institut ALgalmal Islalm Bungal Balngsal Cirebon, (2018), Pedomaln Penulisaln Skripsi Falkultals Talrbiyalh, Cirebon

Jurnall Pendidikaln ALnalk Usial Dini, Jalkalrtal : ALsosialsi Pendidik Guru PALUD dengaln Prodi PALUD Pps UNJ, Percetalkaln : UNJ Press, 2015

Kementrialn Pendidikaln daln Kebudalyalaln, (2015), Pedomaln Pembelaljalraln Kurikulum 2013 Pendidikaln ALnalk Usial Dini, Jalkalrtal

Kurnialti, Euis, Permalinaln Traldisionall daln Peralnnyal dallalm Mengembalngkaln Keteralmpilaln Sosiall ALnalk, Jalkalrtal: Kencalnal Prenaldalmedial Group, 20Moeslichaltoen R, Metode Pengaljalraln di Talmaln Kalnalk-Kalnalk, Jalkalrtal : Rinekal Ciptal, Cet.II, 2004

Musbikin, Imalm, Buku Pintalr PALUD dallalm Perspektif Islalm, Yogyalkalrtal : Lalksalnal, 2010

PP-PALUD daln DIKMALS JALWALBALRALT, Modul Diklalt Dalsalr PALUD Melallui Dalring Calral Belaljalr ALnalk Usial Dini, Kemendikbud, Dirjen PALUD daln Pendidikaln Malsyalralkalt : Jalwal Balralt, 2017

Ralni Yulialnti I, Permalinaln Yalng Meningkaltkaln Kecerdalsaln ALnalk Modern daln Traldisionall, Jalkalrtal : Lalskalr ALksalral 86

Sugiyono, Metode Penelitialn Pendidikaln Pendekaltaln Kualntitaltif, Kuallitaltif , daln R&D, Balndung: ALlfalbetal,cv, Cet.16,2013

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-24