Perkembangan Bahasa Anak Usia 4 Tahun Melalui Asesmen Observasi Di TK Sejahtera Kota Bekasi
Kata Kunci:
Asesmen, Bahasa, anak usia diniAbstrak
Penelitian ini mendeskripsikan tentang analisis perkembangan bahasa anak usia 4 tahun di TK Sejahtera Kota Bekasi tahun ajaran 2021-2022. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis melakukan asesmen pada anak yang penulis pilih dengan menganalisis kemampuan berbahasa reseptif, ekspresif dan kemampuan keaksaraan awal. Berdasarkan hasil penelitian assemen kemampuan berbahasa anak Berkembang Sesuai Harapan setelah diberikan stimulasi yang sesuai di sekolah maupun di rumah. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak guru dapat melakukan kegiatan yang bermakna dan menyenangkan bagi anak.
Referensi
Depdiknas. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini, 2025(1679), 1–67.
Feagin, Orum, A. M., & Sjoberg, A. F. (2021). Pengertian Studi Kasus. In Www.Penerbitbukudeepublish.Com (p. 1). https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-studi-kasus/
Kemendikbud. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137 Tahun 2014. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
Khotijah, K. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 35-44. Retrieved from http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/strategi-pengembahan-bahasa-anak-usia-dini
Muhammad Habibu Rahman. (2014). Teknik Asesmen Observasi dan Percakapan sebagai Upaya Pemantauan Perkembangan Bahasa Anak. In - (Vol. 7, Issue 2). http://observatorio.epacartagena.gov.co/wp-content/uploads/2017/08/metodologia-de-la-investigacion-sexta-edicion.compressed.pdf
Muryanti, S., Ikip, M. P., Semarang, V., Siswo, T. K., Bulugede, U., Patebon, K., Siswo, T. K., Bulugede, U., Patebon, K., Kendal, K., Siswo, T. K., Bulugede, U., Patebon, K., Kendal, K., Pendidikan, P., Usia, A., No, U. U., & Kanak-kanak, G. T. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Abstrak. Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang.
Nandy. (2021). Tahap Perkembangan Bahasa Anak.
Nurlaili, N. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Heni Afipah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.