Perkembangan Bahasa Anak Usia 4 Tahun Melalui Asesmen Observasi Di TK Sejahtera Kota Bekasi

Penulis

  • Heni Afipah

Kata Kunci:

Asesmen, Bahasa, anak usia dini

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan tentang analisis perkembangan bahasa anak usia 4 tahun di TK Sejahtera Kota Bekasi tahun ajaran 2021-2022. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis melakukan asesmen pada anak yang penulis pilih dengan menganalisis kemampuan berbahasa reseptif, ekspresif dan kemampuan keaksaraan awal. Berdasarkan hasil penelitian assemen kemampuan berbahasa anak Berkembang Sesuai Harapan setelah diberikan stimulasi yang sesuai di sekolah maupun di rumah. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak guru dapat melakukan kegiatan yang bermakna dan menyenangkan bagi anak.

Referensi

Depdiknas. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini, 2025(1679), 1–67.

Feagin, Orum, A. M., & Sjoberg, A. F. (2021). Pengertian Studi Kasus. In Www.Penerbitbukudeepublish.Com (p. 1). https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-studi-kasus/

Kemendikbud. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137 Tahun 2014. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699

Khotijah, K. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 35-44. Retrieved from http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/strategi-pengembahan-bahasa-anak-usia-dini

Muhammad Habibu Rahman. (2014). Teknik Asesmen Observasi dan Percakapan sebagai Upaya Pemantauan Perkembangan Bahasa Anak. In - (Vol. 7, Issue 2). http://observatorio.epacartagena.gov.co/wp-content/uploads/2017/08/metodologia-de-la-investigacion-sexta-edicion.compressed.pdf

Muryanti, S., Ikip, M. P., Semarang, V., Siswo, T. K., Bulugede, U., Patebon, K., Siswo, T. K., Bulugede, U., Patebon, K., Kendal, K., Siswo, T. K., Bulugede, U., Patebon, K., Kendal, K., Pendidikan, P., Usia, A., No, U. U., & Kanak-kanak, G. T. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Abstrak. Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang.

Nandy. (2021). Tahap Perkembangan Bahasa Anak.

Nurlaili, N. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518

Unduhan

Diterbitkan

01-10-2022

Cara Mengutip

Afipah , H. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia 4 Tahun Melalui Asesmen Observasi Di TK Sejahtera Kota Bekasi. Cemerlang: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 33–42. Diambil dari https://cemerlang-paud-pancasakti.ac.id/index.php/cemerlang/article/view/7