Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Selama Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Metode Reward Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelompok B TK Tzu Chi
DOI:
https://doi.org/10.51714/cpaud.v2i1.262Kata Kunci:
Kegiatan mozaik, Motorik Halus,, Media Bervariasi.Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana cara meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mozaik dengan media bervariasi. Penelitian ini dilakukan pada anak usia 4-5 tahun sebanyak 11 anak di TK Islam Darusallam pada bulan Oktober- November 2021. Latar belakang peneliti melakukan studi penelitian ini dikarenakan hasil observasi awal tentang kemampuan motorik halus siswa kelompok A TK Islam Darusallam masih rendah yaitu untuk BSB dan BSH sebanyak.3 anak sedangkan BB dan MB sebanyak 8 anak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan motorik halus melalui kegiatan mozaik yaitu pada siklus 1 hasil asesmen nilai BB berada pada 27,2%, MB berada pada 54,5%, BSH berada pada 27,2% dan BSB tidak ada atau 0 %. Hasil asesmen pada siklus II yaitu nilai BB yang sudah tidak ada atau 0%, nilai MB berada pada 18,1%, nilai BSH berada pada 36,3% dan nilai BSB berada pada 45,4%. Berdasarkan penelitian ini, peneliti memberikan rekomendasi bahwa kegiatan mozaik yang dilakukan dengan menggunakan media bervariasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus
Referensi
Elizar, Rusdinal. Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Depdiknas RI., 2005.
Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga., 2011.
O.S., Hidayat. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Modul UT. Jakarta: Universitas Terbuka, 2019.
Tim PG-PAUD. Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Modul UT. Jakarta: Universitas Terbuka, 2020.
Wantah, Maria J. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI., 2005.
Berk, Laura E. 2007. Development Through The Lifespan 4th edition. Boston : Pearson.
Keyes, M. Corey Lee., Shmotkin, Dov 2002. Optimizing Well-Being : The Empirical Encounter of Two Traditions. Journal of Personality and Social Psychology. Vol. 82, No. 6.
John Siraj-Blatchford. (2009). Editorial: Education for Sustainable Development in Early Childhood. International Journal of Early Childhood, Vol. 41, No. 2, 2009.
Kristin A. Termini & Jeannie A. Golden. Moral Behaviors: What Can Behaviorists Learn from the Developmental Literature?. International Journal of Behavioral Consultation and Therapy Volume 3, No. 4, 2007, p. 477.
Masitoh, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Ahmad Nawawi. (2010). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Farida Agus Setiawati (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma, No. 02 Th. I p. 41-48.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sukiman Sukiman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.