Efektifitas Media Tutup Botol Pintar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di KB Ummatan Waahidah Bogor
DOI:
https://doi.org/10.51714/cpaud.v2i1.260Kata Kunci:
: Metode Eksperimen, Kemampuan Kognitif dan Media Tutup Botol PintarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media tutup botol pintar dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di KB Ummatan Waahidah Bogor. Pada semester genap 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dependent, dalam penelitian ini mengambil sampel pada kelas kelompok B yang terdiri dari populasi 15 siswa yang di berikan media pembelajaran tutup botol pintar. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi dikelas untuk mendapatkan nilai prates, tindakan dengan menggunakan RPPH dan observasi akhir atau postes hasil dari tindakan. Berdasarkan hasil tes setelah dilakukan perhitungan thitung dan ttabel diperoleh thitung= 19.03 dan ttabel = 2.13 pada signifikan α = 5 hasil perhitungan tersebut dibandingkan sesuai dengan hipotesis yang telah dirumuskan dari awal. Maka didapatkan simpulan thitung > ttabel yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima dengan interpretasi terdapat efektifitas penggunaan media tutup botol pintar terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B di KB Ummatan Waahidah Bogor.
Referensi
Afandi, Ahmad. (2018). Pengaruh Media Tutup Botol Bekas Minuman Terhadap Kemampuan Membilang. Jurnal Audi, JA III (2).
Afandi, dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Semarang: Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Busyro, Muhammad Karim dan Siti Herlina Wifroh. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Vol. 1 No. 2, Oktober 2014, hal 76-146.
Hanafi, Imam dan Eko Adi Sumitro. (2019). Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3 No. 2, Juli-Desember 2019.
Ibda, Fatimah. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita vol. 3 No. 1, Januari-Juni 2015
Khadijah, (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing. 2016.
Milawati, (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Musfiqon.(2012). Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Prestasi Pustaka Karya.
Muthmainnah, Nurma. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Tutup Botol Di TK Meulati Mon Pasong Aceh Barat. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, vol. V, no. 2, Juli-Desember 2019.
Naz, A. A., & Akbar, R.A. (2008). Use of Media for Effective Instruction its Importance: Some Consideration. Journal of Elementary Education A Publication of Deptt. of Elementary Education IER, University of the Punjab.Vol. 18, 35-40.
Rasyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran, cet. 14. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2011, hal 3.
Robbins, Stephen P. (2002). Perilaku Organisasi, Edisi V. Jakarta: Pearson Education Asia.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., & Haryono, A. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo. Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Puji Yulianty, Irna, Rindi Tri Anjani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.