IMPLEMENTASI BERMAIN KONSTRUKTIF DENGAN MEDIA BALOK UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI POCENTER

Penulis

  • Rifqi Amalia Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dian Kristina Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.51714/cpaud.v2i1.259

Abstrak

Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan ruhani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Bermain Konstruktif adalah cara bermain yang bersifat membangun, membina, memperbaiki, dimana anak-anak menggunakan bahan untuk membuat sesuatu yang bukan untuk bertujuan bermanfaat, melainkan ditujukan bagi kegembiraan yang diperolehnya dari membuatnya, yang mana dalam permainan ini menggunakan media balok untuk meningkatkan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model bermain kontruktif dengan media balok di Pocenter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model bermain konstruktif dengan media balok di Pocenter, anak diberikan kebebasan dalam mengekspoitasikan kemampuan dalam menyusun balok sesuai dengan kreatifitas dan imajinasi anak serta daya fikir secara kreatif dan inovatif untuk menyusun balok-balok tersebut sesuai dengan kemampuannya.

Unduhan

Diterbitkan

08-02-2024

Cara Mengutip

Amalia, R., & Kristina, D. (2024). IMPLEMENTASI BERMAIN KONSTRUKTIF DENGAN MEDIA BALOK UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI POCENTER. Cemerlang: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.51714/cpaud.v2i1.259