UPAYA GURU DALAM MENGATASI PERILAKU TANTRUM PADA ANAK USIA DINI DI POCENTER
DOI:
https://doi.org/10.51714/cpaud.v2i1.258Kata Kunci:
Tantrum, Upaya, AnakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perilaku anak tantrum dan upaya guru mengatasi anak yang tantrum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini adalah anak yang mengalami tantrum. Data-data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Adapun upaya guru menangatasi tantrum pada anak usia dini dengan cara: bersikap tenang ketika anak tantrum, memberikan ruang khusus kepada anak untuk meluapkan emosinya sampai tenang, jika sudah tenang maka guru akan mengajak komunikasi persuasif.
Kata Kunci: Tantrum, Upaya, Anak.
Referensi
Arikunto, Suharsimi, 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama.
Hurlock, E.B. 1998. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Izzaty, Rita Eka, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY. Press.
Maimunah Hasan. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rahayuningsih, Sri Intan. (2014). “Strategi Ibu Mengatasi Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Usia Toddler Di Rumah Susun Keudah Kota Banda Aceh”. Nursing Journal. Vol.V (1): hal.36
Rosmala Dewi. (2005). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: CV. Rajawali.
Rusdi Maslim. (2003). Buku Saku Diagnosis Gangguan Jiwa, Rujukan Ringkas PPDGJ-III. Jakarta: Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK Atma Jaya.
Slamet Suyanto. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen Dikti.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rifqi Amalia, Dian kristiana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.