Implementasi Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 tahun

Penulis

  • Heru Wardany Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Eka Fauziah Universitas Muhammadiyah Bogor Raya

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil impelementasi metode bercerita menggunakan media boneka tangan sebagai stimulasi perkembangan bahasa angak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan terhadap 21 anak di PAUD Syarif Hidayatullah Cileungsi Bogor usia 5-6 tahun pada Tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif (field research). Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan data dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang di kategorikan menjadi 3 temuan, 1. metode bercerita di lakukan sesuai dengan tahapan pembelajaran (persiapan, pembukaan, inti dan penutup). 2. Media boneka yang digunakan sesuai dengan yang direkomendasikan para pakar tentang media boneka. 3. Implementasi metode bercerita menggunakan media boneka tangan berhasil menstimulasi perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun, dalam hal ini anak dapat mengembangkan keterampilan berbicara, meningkatkan kosa kata, dan melatih kemampuan berpikir visual.

Kata kunci: Metode Kualitatif, perkembangan bahasa, bercerita

Unduhan

Diterbitkan

08-02-2024

Cara Mengutip

Wardany, H., & Fauziah, E. (2024). Implementasi Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 tahun. Cemerlang: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). Diambil dari https://cemerlang-paud-pancasakti.ac.id/index.php/cemerlang/article/view/257